Pilih HDD,SSD atau SSHD?


HDD,SSD atau SSHD ?
Banyak pilihan yang dapat dipilih sebagai perangkat penyimpanan seperti HDD,SSD atau SSHD untuk sebuah komputer tetapi masih banyak juga orang yang bingung untuk menentukan perangkat penyimpanan apa yang ingin digunakan karena masih awam tentang perangkat penyimpanan atau disk drive.
Untuk itu mari kita ulas perbedaan tiap perangkat penyimpanan antara HDD,SSD dan SSHD.

Apa itu sih HDD,SSD dan SSHD ?

HDD (Hard Disk Drive)
Hard Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data konvensional berbasis piringan berputar untuk menyimpan data yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh banyak orang yang memiliki kecepatan putaran piringan pada umumnya 5400 RPM atau 7200 RPM.

SSD (Solid State Drive)
Solid State Drive adalah perangkat penyimpanan generasi baru yang berbasis teknologi flash memori untuk menyimpan data dan sudah tidak menggunakan lagi komponen bergerak seperti piringan pada HDD dan memiliki dua jenis yaitu SSD SATA dan SSD NVMe.

SSHD (Solid State Hybrid Drive)
Solid State Hybrid Drive adalah perangkat penyimpanan hybrid atau gabungan dari HDD dan SSD yang pada dasarnya masih menggunakan piringan berputar tetapi juga menyertakan flash memori agar transfer data lebih cepat.

Lalu apa bedanya HDD,SSD dan SSHD?

1. Ukuran
HDD (Hard Disk Drive) pada umumnya memiliki ukuran 2,5 Inch (biasanya digunakan di laptop) dan 3,5 Inch (biasanya digunakan di komputer)

HDD 2,5 Inch
via : ebay.com

HDD 3,5 Inch
via : amazon.com
SSD ( Solid State Drive) memiliki ukuran 2,5 inch untuk SSD SATA

SSD SATA
via : amazon.ca
SSD NVMe
via : amazon.com
SSHD ( Solid State Hybrid Drive ) memiliki bentuk seperti HDD dan juga memiliki ukuran 2,5 Inch dan 3,5 Inch
2. Kecepatan
Untuk kecepatan, SSD menawarkan kinerja yang sangat maksimal untuk mendukung komputasi saat ini dan tidak bising saat bekerja karena tidak menggunakan piringan yang berputar.

3. Harga
Harga HDD jauh lebih terjangkau dibandingkan SSD dan SSHD jika dilihat dari besar kapasitas penyimpanan yang ditawarkan.

4. Daya Tahan Baterai
Pada umumnya perangkat penyimpanan tidak akan berpengaruh banyak pada daya tahan baterai pada sebuah komputer atau laptop tetapi SSD memiliki daya yang paling efisien diantara SSHD dan HDD.

5. Tingkat Kegagalan
Secara umum SSD, SSHD dan HDD memiliki tingkat kegagalan yang hampir sama. Namun SSHD lebih memiliki keunggulan karena menggunakan bagian dari HDD dan SSD yang lebih efisien jika dibandingkan dengan keduanya secara terpisah.

6. Ketahanan
SSD adalah opsi terbaik dalam hal ketahanan karena memiliki desain “solid state” dan tidak menggunakan komponen bergerak yang membuatnya lebih tahan dari benturan, jatuh dan lain sebagainya.

Lalu pilih yang mana ?

HDD memiliki keunggulan dengan kapasitas penyimpanan yang besar dengan harga yang lebih terjangkau sedangkan SSD menawarkan performa maksimal untuk komputasi yang cepat tetapi dengan harga yang lebih mahal dibandingkan HDD untuk ukuran kapasitas penyimpanannya dan SSHD menawarkan solusi untuk orang yang membutuhkan perangkat penyimpanan dengan kapasitas besar dan kecepatan yang tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.

Semoga membantu...

Post a Comment

0 Comments