Apa Itu Frame Rate Limiter Pada Game? Apa Fungsinya?



Frame Rate Limiter 

Frame rate limiter adalah sebuah fitur untuk membatasi frame per second (FPS) pada game atau bisa disebut juga membuat target fps agar fps pada game tersebut tidak melebihi batas target fps.

Terus apa sih kegunaan frame rate limiter?

Frame rate limiter punya beberapa benefit yaitu bisa mengurangi konsumsi daya GPU,mengurangi suhu dan juga bisa mengurangi tingkat kebisingan fan pada GPU

Kok nggak ada pengaturan buat aktifkan frame limiter di game?

Tidak semua game memiliki fitur ini secara default,tetapi ada juga yang menyertakan fitur ini langsung didalam gamenya seperti game The Witcher 3 : Wild Hunt

Terus gimana caranya aktifkan frame limiter kalau gamenya gak support?

Untuk pengguna AMD anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui driver terbaru AMD Crimson dengan fitur Frame Rate Target Control. Untuk pengguna NVIDIA bisa menggunakan aplikasi NVIDIA Inspector.



Untuk tambahan jika kalian memainkan game mendapat 30 FPS lalu mengaktifkan frame limiter di 60 FPS bukan berarti anda akan mendapatkan 60 FPS pada game tersebut,tetapi 60 FPS adalah batas FPS yang akan didapat ketika mengaktifkan frame limiter.

Mudahnya fitur ini akan berguna jika kalian bermain game mendapatkan fps diatas refresh rate monitor anda.

Sebagai contoh saya bermain game di monitor dengan refresh rate 60 Hz dan mendapatkan 90 FPS pada game tersebut saat dijalankan, karena refresh rate monitor saya hanya 60 Hz jadi saya menurunkan target FPS dengan frame rate limiter di 60 FPS maka GPU tidak akan bekerja keras untuk mendapatkan performa maksimal dan hanya akan dibatasi sampai 60 FPS saja yang berakibat menurunnya suhu GPU karena GPU tidak perlu bekerja maksimal dan mengurangi kebisingan GPU serta yang tidak kalah penting dapat mengurangi konsumsi daya yang digunakan GPU.

Singkatnya performa maksimal GPU dalam game tersebut dapat meraih 90 FPS dalam game,tetapi karena refresh rate monitor kita hanya 60 Hz maka tidak perlu untuk mendapatkan 90 FPS karena monitor anda hanya dapat menampilkan gambar hingga 60 FPS.

Semoga membantu…

Post a Comment

0 Comments