Optimalkan Penggunaan GNOME di Ubuntu 18.04.1 LTS


Berawal dari menggunakan Ubuntu 18.04.1 LTS dengan Desktop Environment Gnome di laptop saya dengan spesifikasi seperti berikut :
Processor : Intel Core i5 6200U
    RAM       : 4 GB
    VGA       : Intel HD Graphics 520 & NVIDIA 940MX
    Storage   : 256 GB SSD
    OS        : Ubuntu 18.04.1 LTS
    Driver    : nvidia-driver-390
Saya mengalami lag saat menggunakannya, walau memang faktanya gnome itu berat dan rakus ram tetapi saya suka dengan interface gnome yang mudah dikostumisasi dan saya tidak mau mengubah Desktop Environment.

Setelah saya menelusuri, kenapa kok berat sekali padahal spesifikasi laptop juga sudah diatas minimum requirement. Kemudian saya mengamati jika menggunakan charger Ubuntu lancar-lancar saja dan ketika tidak menggunakan charger ubuntu menjadi lag. Menurut saya jika menggunakan charger laptop akan menggunakan maksimum powernya dan ketika tidak menggunakan charger maka kinerja laptop akan dibatasi untuk menghemat baterai.

Namun setelah lihat lihat service ternyata ada service ondemand (CPU Governor yang otomatis mengubah ke mode performance jika beban CPU bertambah berat dan berubah ke mode powersave saat beban load sedikit) tetapi ada kejanggalan, yaitu service ondemand itu running pada saat booting tapi tidak running pada saat pengoperasian ubuntu yang menurut saya kalo service itu hanya mendeteksi beban CPU pada saat booting saja yang umumnya tidak terlalu berat dan setelah itu saya cek cpu governornya dan benar jika cpu governornya adalah powersave karena beban yang dicek oleh service ondemand pada saat booting tidak berat.dan menurut saya juga jika service ondemand tidak running berarti menandakan kalau CPU Governornya tidak akan berubah ke mode performance karena servicenya tidak aktif dan running untuk mengecek beban CPU.

Kemudian saya mencoba mengaktifkan ondemand service,tetapi hasilnya nihil (service ondemand aktif tapi tidak mau running ketika digunakan). Lalu saya mencari-cari di internet ternyata untuk jenis processor keluaran terbaru menggunakan driver cpu governor intel_pstate yang hanya mempunyai dua jenis CPU Scaling Governor yaitu powersave dan performance.

Lalu bagaimana agar kita bisa menggunakan cpu governor ondemand? ya kita tinggal nonaktifkan saja intel_pstate agar jenis cpu governor lainnya dapat muncul dan kita set CPU Governornya menjadi ondemand.

Setelah menggunakan CPU Scaling Governor Ondemand, Ubuntu di laptop saya berjalan lancar dan juga tidak ada masalah juga pada daya tahan baterai.

Oke, langsung saja kita praktekkan....

#1 Cek CPU scaling yang digunakan
ilham@ilham-X556UQ:~$ cat /sys/devices/system/cpu/cpu*/cpufreq/scaling_governor
powersave
powersave
powersave
powersave

#2 Install cpufrequtils
ilham@ilham-X556UQ:~$ sudo apt install cpufrequtils

#3 Konfigurasi file cpufrequtils
ilham@ilham-X556UQ:~$ sudo nano /etc/init.d/cpufrequtils

GOVERNOR="powersave"
to
GOVERNOR="ondemand"
*ubah line ini

#4 Matikan service ondemand
ilham@ilham-X556UQ:~$ sudo systemctl disable ondemand.service

#5 Edit grub
ilham@ilham-X556UQ:~$ sudo nano /etc/default/grub

intel_pstate=disable
*tambahkan line ini pada GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash intel_pstate=disable"

ilham@ilham-X556UQ:~$ sudo update-grub
*update konfigurasi grub

#6 Reboot
ilham@ilham-X556UQ:~$ sudo reboot

#7 Cek cpu scaling governor
ilham@ilham-X556UQ:~$ cpufreq-info
atau
ilham@ilham-X556UQ:~$ cat /sys/devices/system/cpu/cpu*/cpufreq/scaling_governor
*seharusnya sudah muncul ondemand

Semoga membantu...

Baca Juga : Cara Install dan Konfigurasi Bumblebee di Ubuntu 18.04.1 LTS


Post a Comment

0 Comments